Jumat, 16 Oktober 2015

ANALISIS FILM DANGEROUS MINDS











ELLI YAFIT VIVIAWATI
030215A026





PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN TRANSFER
STIKES NGUDI WALUYO UNGARAN
2015


A.   Deskripsi Film
Film dangerous minds ini menceritakan seorang mantan marinir yang menjadi guru bahasa inggrisyang bernama Lauanne Johnson, suatu hari bu johnson melamar di Parkmont High School dan bermula dari diterimanya bu johnson sebagai guru akademik yang bekerja penuh yang mempaunyai kemampuan di bidang sastra inggris dan belum mempunyai sertifikat mengajar. Dia berhenti menjadi marinir karena mengalami kegagalan dalam berumah tangga dan bercerai dengan suaminya, sehingga dia menerima dengan senang hati ketika wakil kepala sekolah Carla Nicholas menawarkan kepadanya menjadi guru akademik di kelas khusus dengan gaji 24.700 dolar per tahun.
Hari pertama bu johnson mengajar dengan penuh semangat karena dijanjikan dengan murid yang cerdas, namun pada kenyataannya berbeda ketika ia masuk dikelas tersebut. Ternyata anak anak yang dihadapinya adalah anak anak yang sulit untuk dikendalikan, murid murid yang dari berbagai ras itu masih tetap bernyanyi, bercakap dan sibuk dengan urusan masing-masing. Ketika bu johnson meminta untuk diperhatikan ia tetap saja diabaikan, bu johnson juga menerima pelecehan dari salah satu murid yang bernama emilio ramirez. Bu johnson berusaha bertanya tentang kenapa guru sebelumnya berhenti mengajar, dihari pertama mengajar berakhir dengan kemarahan dan rasa malu untuk meninggalkan kelas.
Grifith adalah rekan kerja, bu johnson merasa iri dengan kelas yang diajar grifith. Grifith mencoba memperingatkan tentang bagaimana anak anak yang dihadapinya dikelas khusus yaitu kuncinya bahwa guru harus bisa memusatkan perhatian siswa.
Sesampai dirumah bu johnson berfikir bagaimana cara mengatasi permasalahan yang kini dihadapinya. Semalaman ia membaca buku tentang mengajar dengan disiplin. Akhirnya bu johnson menemukan jalan keluar untuk mengatasi masalah ini, ia mengajar dengan memakai baju sesuai dengan karakter murid-muridnya dan dia mengajari karate dan memperkenalkan diri bahwa ia adalah mantan seorang anggota marinir. Ketika raul dan durrel merespon dan melakukan dengan baik bu johnson memberikan nilai A untuk semua siswanya dengan syarat mereka harus mempertahankan sampai akhir tahun agar bisa lulus. Perhatian ini kemudian ia gunakan untuik mengajar jenis kata, konjugasi kata, makna kata. Topik yang dipilih juga berdekatan dengan yang sehari hari dihadapi oleh siswa siswanya seperti memilih kematian , mengendalikan hidup dan memilih menghadapi hidup dan kematian. Keberhasilan bu johnson mengajar juga diiringi peringatan keras dari kepala sekolah karena mengajarkan karate pada siswanya. Walaupun dengan alasan menarik perhatian bu johnson tetap harus mengikuti kurikulum yang berlaku disekolah.
Bu johnson meneruskan mengajarnya dengan memberikan coklat bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaannya. Motivasi yang semakin terbentuk kemudian diperkuat untuk memahami sebuah puisi, bila mereka mampu membaca puisi semua murid akan diajak ke arena bermain dengan tidak dikenakan biaya sepersen pun karena dibiayai dewan pendidikan padahal berasal dari uang bu johnson sendiri. Masalah bertambah saat raul dan gusmaro berkelahi dengan emilio tanpa sepengetahuan bu johnson, raul dan gusmaro di skors selama 3 hari. bu johnson ingin membantu emilio akan tetapi emilio menolak. Bu johnson melakukan kunjungan kerumah raul dan memberitahu kepada orang tua raul bahwa raul tidak bersalah dan bukan dia yang memulainya, bahkan raul dikatakan murid favorit yang cerdas lucu dan pandai berbicara. Bu johnson uga melakukan kunjuan kerumah kedua murid lainnya dan mendapat penghargaan baik oleh emilio.
Bu johnson mengadakan dylan-dylan contest dengan hadiah makan malam disebuah restoran mahal, kontes tersebut merupakan kontes mencari persamaan satu puisi karya bob dylan tentang kematian dengan satu puisi dylan thomas. Kontes tersebut dimenangkan oleh raul, durrel dan callie. Karena kedua murid harus bekerja pada malam hari sehingga raul yang hanya bisa pergi makan malam. Masalah mucul lagi karena raul berhutang 200 dollar untuk membeli jas yang dipakai saat makan malam kepada rentenir dipinggir jalan. Raul menceritakan kepada bu johnson untuk ijin membolos untuk bekerja guna membayar jas atau dia akan dibunuh. Bu johnson meminjami uang raul dengan syarat raul harus lulus.
Bu johnson juga menghadapi masalah saat mengetahui callie murid terpandai hamil dan memutuskan untuk keluar dari parkmont dan masuk ke clearview sekolah yang mengajarkan merawat bayi dan menjadi seorang ibu yang baik keputusan callie didukung oleh ibunya yang menganggap bu johnson tidak suka laki laki dan tidak suka pernikahan. Bu johnson mampu menanamkan bahwa belajar merupakan hadiah mereka, bisa membaca dan memahami sesuatu tahu cara berpikir dan mampu melatih proses berpikir adalah hadiah. Tiap pemikiran baru membentuk otot pikir yang baru dan kita butuh otot otot sebagai senjata dalam hidup kita. Masalah muncul lagi ketika durrel dan lionel keluar dari sekolah karna ibunya menganggap bu johnson meracuni mereka dengan puisi dan impian masa depan. Masalah terberat yang dirasakan bu johnson saat ia tidak mampu meolong emilio di tuduh muridnya sebagai pengedar narkoba, merebut pacarnya. Emilio ditemukan sudah tidak bernyawa setelah diusir dari ruang kepala sekolah. Kejadian ini membuat bu johnson memutuskan untuk berhenti mengajar.  Dihari terakhir mengajar bu johnson callie dan murid muridnya menyadarkan bu johnson tentang ajaran ajaranya memilih hidup dan tidak menyerah dan semua muridnya masih membutuhkan bu johnson.

B.   Masalah masalah yang ada di film dangerous minds
1.     Masalah menghadapi murid murid dikelas cara mengatasinya bu johnson membaca buku dan mengajar karate untuk memusatkan perhatian murid muridnya.
2.     Masalah bertambah saat raul dan gusmaro berkelahi dengan emilio tanpa sepengetahuan bu johnson, raul dan gusmaro di skors selama 3 hari, untuk mengatasi masalah Bu johnson melakukan kunjungan rumah.
3.     Masalah mucul lagi karena raul berhutang 200 dollar untuk membeli jas yang dipakai saat makan malam kepada rentenir dipinggir jalan. Raul menceritakan kepada bu johnson untuk ijin membolos untuk bekerja guna membayar jas atau dia akan dibunuh, untuk mengatasinya bu johnson emminjami uang raul dan harus lulus sebagai pengganti hutang.
4.     masalah saat mengetahui callie murid terpandai hamil dan memutuskan untuk keluar dari parkmont dan masuk ke clearview sekolah yang mengajarkan merawat bayi dan menjadi seorang ibu yang baik keputusan callie didukung oleh ibunya yang menganggap bu johnson tidak suka laki laki dan tidak suka pernikahan. Cara mengatasi bu johnson melakukan pendekatan ke rumah callie.
5.     Masalah muncul lagi ketika durrel dan lionel keluar dari sekolah karna ibunya menganggap bu johnson meracuni mereka dengan puisi dan impian masa depan
6.     Masalah terberat yang dirasakan bu johnson saat ia tidak mampu meolong emilio di tuduh muridnya sebagai pengedar narkoba, merebut pacarnya dan terancam dibunuh. Emilio ditemukan sudah tidak bernyawa.


C.   Tehnik membimbing
1.     Memahami karakteristik murid muridnya untuk menentukan metode pembelajaran.
2.     Melakukan pendekatan individu dengan melakukan interaksi secara langsung kepada individu mengenai permasalahan yang dihadapi oleh siswanya.
3.     Teori yang menerapkan untuk melatih anak-anaknya yang masih membutuhkan peran orang dewasa, suka mengulangi dan senang dengan bentuk penghargaan diberi coklat atau pujian. Dengan memberikan kasih sayang dan mencoba membantu masalah yang dihadapi muridnya, dan terjadi penguatan positif yang diberikan bu johnson kepada muridnya. Membimbing muridnya jika melakukan kesalahan.
4.     Memberikan materi sesuai dengan keadaan atau kondisi anak didiknya mengenai kekerasan, kehidupan dan kematian. Seperti puisi yang bertema tentang lingkungan yang terdapat nilai nilai kekerasan, kehidupan dan kematian.

5.     Bu johnson memberikan arti disetiap pelajaranya dalam hal ini mencoba untuk memaknai arti pendidikan dan kasih sayang yang diberikan kepada anak anaknya. Melalui pelajarannya itu diberikan nilai nilai kehidupan disetiap materi . selalu peduli dengan anak didiknya saat mereka ada masalah sehingga hasilnya pun membuat anak anak yang tadinya nakal, urakan dan berandalan menjadi anak anak yang baik dan saling mengerti satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar