ANALISIS
FILM DANGEROUS MINDS
ELLI
YAFIT VIVIAWATI
030215A026
PROGRAM
STUDI DIV KEBIDANAN TRANSFER
STIKES
NGUDI WALUYO UNGARAN
2015
A.
Deskripsi
Film
Film dangerous minds ini
menceritakan seorang mantan marinir yang menjadi guru bahasa inggrisyang
bernama Lauanne Johnson, suatu hari bu johnson melamar di Parkmont High School
dan bermula dari diterimanya bu johnson sebagai guru akademik yang bekerja penuh
yang mempaunyai kemampuan di bidang sastra inggris dan belum mempunyai
sertifikat mengajar. Dia berhenti menjadi marinir karena mengalami kegagalan
dalam berumah tangga dan bercerai dengan suaminya, sehingga dia menerima dengan
senang hati ketika wakil kepala sekolah Carla Nicholas menawarkan kepadanya
menjadi guru akademik di kelas khusus dengan gaji 24.700 dolar per tahun.
Hari pertama bu johnson mengajar
dengan penuh semangat karena dijanjikan dengan murid yang cerdas, namun pada
kenyataannya berbeda ketika ia masuk dikelas tersebut. Ternyata anak anak yang
dihadapinya adalah anak anak yang sulit untuk dikendalikan, murid murid yang
dari berbagai ras itu masih tetap bernyanyi, bercakap dan sibuk dengan urusan
masing-masing. Ketika bu johnson meminta untuk diperhatikan ia tetap saja
diabaikan, bu johnson juga menerima pelecehan dari salah satu murid yang
bernama emilio ramirez. Bu johnson berusaha bertanya tentang kenapa guru
sebelumnya berhenti mengajar, dihari pertama mengajar berakhir dengan kemarahan
dan rasa malu untuk meninggalkan kelas.
Grifith adalah rekan kerja, bu
johnson merasa iri dengan kelas yang diajar grifith. Grifith mencoba
memperingatkan tentang bagaimana anak anak yang dihadapinya dikelas khusus
yaitu kuncinya bahwa guru harus bisa memusatkan perhatian siswa.
Sesampai dirumah bu johnson
berfikir bagaimana cara mengatasi permasalahan yang kini dihadapinya. Semalaman
ia membaca buku tentang mengajar dengan disiplin. Akhirnya bu johnson menemukan
jalan keluar untuk mengatasi masalah ini, ia mengajar dengan memakai baju
sesuai dengan karakter murid-muridnya dan dia mengajari karate dan
memperkenalkan diri bahwa ia adalah mantan seorang anggota marinir. Ketika raul
dan durrel merespon dan melakukan dengan baik bu johnson memberikan nilai A untuk
semua siswanya dengan syarat mereka harus mempertahankan sampai akhir tahun
agar bisa lulus. Perhatian ini kemudian ia gunakan untuik mengajar jenis kata,
konjugasi kata, makna kata. Topik yang dipilih juga berdekatan dengan yang
sehari hari dihadapi oleh siswa siswanya seperti memilih kematian ,
mengendalikan hidup dan memilih menghadapi hidup dan kematian. Keberhasilan bu
johnson mengajar juga diiringi peringatan keras dari kepala sekolah karena
mengajarkan karate pada siswanya. Walaupun dengan alasan menarik perhatian bu
johnson tetap harus mengikuti kurikulum yang berlaku disekolah.
Bu johnson meneruskan mengajarnya
dengan memberikan coklat bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaannya. Motivasi
yang semakin terbentuk kemudian diperkuat untuk memahami sebuah puisi, bila
mereka mampu membaca puisi semua murid akan diajak ke arena bermain dengan
tidak dikenakan biaya sepersen pun karena dibiayai dewan pendidikan padahal
berasal dari uang bu johnson sendiri. Masalah bertambah saat raul dan gusmaro
berkelahi dengan emilio tanpa sepengetahuan bu johnson, raul dan gusmaro di
skors selama 3 hari. bu johnson ingin membantu emilio akan tetapi emilio
menolak. Bu johnson melakukan kunjungan kerumah raul dan memberitahu kepada
orang tua raul bahwa raul tidak bersalah dan bukan dia yang memulainya, bahkan
raul dikatakan murid favorit yang cerdas lucu dan pandai berbicara. Bu johnson
uga melakukan kunjuan kerumah kedua murid lainnya dan mendapat penghargaan baik
oleh emilio.
Bu johnson mengadakan dylan-dylan
contest dengan hadiah makan malam disebuah restoran mahal, kontes tersebut
merupakan kontes mencari persamaan satu puisi karya bob dylan tentang kematian
dengan satu puisi dylan thomas. Kontes tersebut dimenangkan oleh raul, durrel
dan callie. Karena kedua murid harus bekerja pada malam hari sehingga raul yang
hanya bisa pergi makan malam. Masalah mucul lagi karena raul berhutang 200
dollar untuk membeli jas yang dipakai saat makan malam kepada rentenir
dipinggir jalan. Raul menceritakan kepada bu johnson untuk ijin membolos untuk
bekerja guna membayar jas atau dia akan dibunuh. Bu johnson meminjami uang raul
dengan syarat raul harus lulus.
Bu johnson juga menghadapi masalah
saat mengetahui callie murid terpandai hamil dan memutuskan untuk keluar dari
parkmont dan masuk ke clearview sekolah yang mengajarkan merawat bayi dan
menjadi seorang ibu yang baik keputusan callie didukung oleh ibunya yang
menganggap bu johnson tidak suka laki laki dan tidak suka pernikahan. Bu
johnson mampu menanamkan bahwa belajar merupakan hadiah mereka, bisa membaca
dan memahami sesuatu tahu cara berpikir dan mampu melatih proses berpikir
adalah hadiah. Tiap pemikiran baru membentuk otot pikir yang baru dan kita
butuh otot otot sebagai senjata dalam hidup kita. Masalah muncul lagi ketika
durrel dan lionel keluar dari sekolah karna ibunya menganggap bu johnson
meracuni mereka dengan puisi dan impian masa depan. Masalah terberat yang
dirasakan bu johnson saat ia tidak mampu meolong emilio di tuduh muridnya
sebagai pengedar narkoba, merebut pacarnya. Emilio ditemukan sudah tidak
bernyawa setelah diusir dari ruang kepala sekolah. Kejadian ini membuat bu
johnson memutuskan untuk berhenti mengajar.
Dihari terakhir mengajar bu johnson callie dan murid muridnya
menyadarkan bu johnson tentang ajaran ajaranya memilih hidup dan tidak menyerah
dan semua muridnya masih membutuhkan bu johnson.
B.
Masalah
masalah yang ada di film dangerous minds
1. Masalah
menghadapi murid murid dikelas cara mengatasinya bu johnson membaca buku dan
mengajar karate untuk memusatkan perhatian murid muridnya.
2. Masalah
bertambah saat raul dan gusmaro berkelahi dengan emilio tanpa sepengetahuan bu
johnson, raul dan gusmaro di skors selama 3 hari, untuk mengatasi masalah Bu
johnson melakukan kunjungan rumah.
3. Masalah
mucul lagi karena raul berhutang 200 dollar untuk membeli jas yang dipakai saat
makan malam kepada rentenir dipinggir jalan. Raul menceritakan kepada bu
johnson untuk ijin membolos untuk bekerja guna membayar jas atau dia akan
dibunuh, untuk mengatasinya bu johnson emminjami uang raul dan harus lulus
sebagai pengganti hutang.
4. masalah
saat mengetahui callie murid terpandai hamil dan memutuskan untuk keluar dari
parkmont dan masuk ke clearview sekolah yang mengajarkan merawat bayi dan
menjadi seorang ibu yang baik keputusan callie didukung oleh ibunya yang
menganggap bu johnson tidak suka laki laki dan tidak suka pernikahan. Cara
mengatasi bu johnson melakukan pendekatan ke rumah callie.
5. Masalah
muncul lagi ketika durrel dan lionel keluar dari sekolah karna ibunya
menganggap bu johnson meracuni mereka dengan puisi dan impian masa depan
6. Masalah
terberat yang dirasakan bu johnson saat ia tidak mampu meolong emilio di tuduh
muridnya sebagai pengedar narkoba, merebut pacarnya dan terancam dibunuh.
Emilio ditemukan sudah tidak bernyawa.
C.
Tehnik
membimbing
1. Memahami
karakteristik murid muridnya untuk menentukan metode pembelajaran.
2. Melakukan
pendekatan individu dengan melakukan interaksi secara langsung kepada individu mengenai
permasalahan yang dihadapi oleh siswanya.
3. Teori
yang menerapkan untuk melatih anak-anaknya yang masih membutuhkan peran orang
dewasa, suka mengulangi dan senang dengan bentuk penghargaan diberi coklat atau
pujian. Dengan memberikan kasih sayang dan mencoba membantu masalah yang
dihadapi muridnya, dan terjadi penguatan positif yang diberikan bu johnson
kepada muridnya. Membimbing muridnya jika melakukan kesalahan.
4. Memberikan
materi sesuai dengan keadaan atau kondisi anak didiknya mengenai kekerasan,
kehidupan dan kematian. Seperti puisi yang bertema tentang lingkungan yang
terdapat nilai nilai kekerasan, kehidupan dan kematian.
5. Bu
johnson memberikan arti disetiap pelajaranya dalam hal ini mencoba untuk
memaknai arti pendidikan dan kasih sayang yang diberikan kepada anak anaknya.
Melalui pelajarannya itu diberikan nilai nilai kehidupan disetiap materi .
selalu peduli dengan anak didiknya saat mereka ada masalah sehingga hasilnya
pun membuat anak anak yang tadinya nakal, urakan dan berandalan menjadi anak
anak yang baik dan saling mengerti satu sama lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar